Dinas Kebudayaan dan Pariwisata
Kota Banjarmasin
BIMTEK & SERTIFIKASI FOTOGRAFI KOTA BANJARMASIN TAHUN 2021 |
349678
post-template-default,single,single-post,postid-349678,single-format-gallery,theme-moose,eltd-cpt-2.3,woocommerce-no-js,ajax_fade,page_not_loaded,,moose-ver-3.5, vertical_menu_with_scroll,smooth_scroll,side_menu_slide_with_content,width_370,woocommerce_installed,blog_installed,wpb-js-composer js-comp-ver-6.6.0,vc_responsive

BIMTEK & SERTIFIKASI FOTOGRAFI KOTA BANJARMASIN TAHUN 2021

Banjarmasin, 15 Juli 2021 – Bertempat di Summer Bed ‘n Breakfast sebanyak 40 Fotografer mengikuti Bimbingan Teknis dan Sertifikasi Fotografer dari tanggal 13 s/d 15 Juli 2021 dengan melaksanakan Porkes dan Swab Antigen terlebih dahulu. Kegiatan ini dilaksanakan DISBUDPAR Kota Banjarmasin bekerjasama dengan Asosiasi Profesi Fotografer Indonesia Pengurus Daerah Kalimantan Selatan (APFI KALSEL) dan Lembaga Sertifikasi Profesi Fotografi Indonesia (LSP Fotografi Indonesia) dan dibuka langsung oleh Walikota Banjarmasin H. Ibnu Sina.

Peserta kegiatan ini adalah fotografer Kota Banjarmasin dari instansi pemerintahan, swasta dan wirausaha, mereka dipilih hasil seleksi dari 110 pendaftar melalui google form yang informasi pendaftarannya sudah disebar terlebih dahulu di Instagram @budparbjm.

Uji Kompetensi ini dilaksanakan, selain untuk mendukung promosi kepariwisataan Kota Banjarmasin, juga untuk memberikan peluang bagi pelaku usaha industri kreatif bidang fotografi agar bisa memiliki sertifikasi kompetensi.

Menurut Walikota Banjarmasin, H. Ibnu Sina, fotografi merupakan salah satu cabang dari 17 sektor yang masuk dalam kategori industri kreatif. Karena itu, kegiatan ini menjadi hal penting mengingat seseorang harus memiliki kompetensi yang jelas, ketika betul-betul ingin profesional dalam bidangnya. “Salah satu nya adalah fotografi. Banyak objek- objek yang bisa diabadikan. Jadi sebuah lensa fotografer bisa menjadi sesuatu yang monumental hanya karena angel yang pas dan juga kompetensi nya,” ujarnya, saat menyampaikan sambutannya dalam pembukaan kegiatan tersebut, Selasa (13/07).

Dikatakannya lagi, sudut pandang fotografer itu harus diasah, dan ia berharap kegiatan tersebut ke depannya bisa memberikan ruang terbuka bagi industry kreatif di Bumi Kayuh Baimbai. “Karena itu konten kreatif,objek data dan lain sebagainya itu adalah kompetensi, itu penting kita terus meningkatkan kompetensi sebagai apapun kita, apalagi di era pandemi covid-19 sehingga orang bisa berpariwisata secara virtual,” katanya.

Kadis Pariwisata Kota Banjarmasin, Ikhsan Alhaq, mengatakan kegiatan bimtek tersebut sengaja digelar selain untuk menyiapkan SDM, juga untuk melatih para wirausaha dalam industry kreatif. “Kami melihat bahwa kegiatan ini berkaitan dengan sector pariwisata di kota Banjarmasin, dan kegiatan bimtek ini memang perlu dilaksanakan dalam bentuk pelatihan bersertifikasi untuk kawan kawan fotografer, dan kawan kawan yang berminat dalam bidang fotografi,” ucapnya.
Terkait minta peserta dalam kegiatan tersebut, Ikhsan Alhaq kembali menjelaskan, respon dari fotografer Kota Banjarmasin dan sekitarnya sangat antusias.

Bahkan, mengingat situasi pandemic Covid-19, dengan terpaksa panitia membatasi jumlah pesertanya dan hanya menerima 40 orang peserta saja. “Peserta yang masuk dalam pesertapelatihan ini tidak hanya dari kalangan penggemar ataupun komunitas fotografi, tetapi juga ada dari instansi dari pemerintah kota yang mengutus 5 orang dari Dinas Kominfo dan dari Sub Bagian Dokpim, kemudian dari instansi lain dari pemerintahan Selatan ikut juga, dari Kominfo Provinsi Kalimantan Selatan dari Polda Kalsel juga ikut,” terangnya

Pria ramah dan murah senyum ini berharap, kegiatan bimtek tersebut ke depannya dapat berlanjut dalam tahapan-tahapan berikutnya. “Jadi di dalam ilmu fotografi, ini tentu ada dasar, ada juga lanjutan, seperti mahir ada profesional. Ini tentunya ada dukungan dari pak Walikota dan segenap jajaran nya untuk kita melakukan sertifikasi fotografi ini,” tandasnya.

Sumber Foto : Yusuf Okihermansyah S
Sumber Berita : Disbudpar Kota Banjarmasin, @dokpimbanjarmasin dan @bang_acid

No Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published.