Dinas Kebudayaan dan Pariwisata
Kota Banjarmasin
banjarmasintourism.com | Mesjid Sultan Suriansyah
348680
portfolio_page-template-default,single,single-portfolio_page,postid-348680,eltd-cpt-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,moose-ver-2.0, vertical_menu_with_scroll,smooth_scroll,side_menu_slide_with_content,width_370,blog_installed,wpb-js-composer js-comp-ver-5.4.7,vc_responsive

Mesjid Sultan Suriansyah

Deskripsi / Gambaran

Mesjid Sultan Suriansyah terletak di kelurahan Kuin Utara, kecamatan Banjarmasin Utara sekitar setengah jam perjalanan dari pusat kota. Untuk mengunjungi Mesjid Sultan Suriansyah ini dapat menggunakan angkutan darat atau menggunakan angkutan sungai karena Mesjid bersejarah ini terletak di pinggir Sungai Kuin.

Mesjid Sultan Suriansyah adalah Mesjid bersejarah tertua di Kalimantan Selatan. Mesjid ini dibangun pada masa Pemerintahan Sultan Suriansyah pada tahun 1526-1550. Sultan Suriansyah merupakan Raja Banjar pertama yang memeluk agama islam di Kalimantan Selatan.

Mesjid Sultan Suriansyah memiliki arsitektur kuno yang masih kokoh. Di dalam mesjid tedapat ornamen khas Banjar dan sebuah mimba yang masih digunakan oleh khatib untuk khutbah setiap hari jumat. Artsitektur kuno dari Mesjid ini dapat dilihat pada 2 buah inskripsi yang tertulis pada bidang berbentuk segi delapan berukuran 50x50cm yaitu pada 2 daun pintu Lawang Agung dan pada 2 daun pintu sebelah kanan terdapat 5 baris inskripsi Arab-Melayu. Walaupun ukuran Mesjid Sultan Suriansyah ini tidak terlalu besar namun Mesjid ini merupakan saksi bisu perkembangan Kota Banjarmasin dari masa ke masa.

Project Details
Category

Religi, Sejarah & Budaya, Susur Sungai

Previous
Next